IkLaN

IkLaN

Uang International

IkLaN

IkLaN

Rabu, 02 Agustus 2017

Jenis - Jenis Transaksi Mata Uang

Jenis - Jenis Transaksi Mata Uang
Jenis-jenis transaksi mata uang

Dalam pelajaran sebelumnya kita menganalisa fitur-fitur kunci pasar valuta asing dan beralih ke pertanyaan praktis: menjawab apa pengertian pasangan mata uang (currency pair) dan bagaimana memperdagangkannya. Hari ini kita akan berdiskusi mengenai bagaimana cara membeli dan menjual mata uang di pasar valuta asing internasional. 

Pasar keuangan global yang bagiannya juga mencakup pasar valuta asing, sudah sekian lama berhenti melayani kepentingan perdagangan internasional. Saat ini menjadi industri mandiri yang berdiri dengan sejumlah bagian bangunan superstruktur, interkoneksi dan alat-alat, serta infrastrukturnya sendiri, di mana jutaan orang yang terlibat di dalamnya. Sekarang siapa saja yang berminat bisa ikut melakukan transaksi perdagangan mata uang di bursa internasional. Tujuan perdagangan dapat berbeda-beda, misalnya pembelian mata uang fisik, spekulasi mata uang untuk membuat uang di kurs tukar. Karena itu, ada beberapa jenis transaksi dalam bursa pasar. 

Transaksi spot (Spot date)
Transaksi jual beli valuta asing, yang ketentuannya dilakukan dengan penyerahan segera ke bank rekanan yang waktunya tidak lebih dari dua hari setelah terjadinya transaksi. 

Transaksi forward
Transaksi forward adalah transaksi jual beli valuta asing pada kurs yang ditetapkan di muka dan disetujui pada tanggal yang ditentukan (value date), misalnya anda bernegosiasi hari ini, kapan, dan berapa harganya yang akan dibuat di bursa mata uang nantinya. Nilai kurs yang akan ditukarkan nantinya, sudah lebih dulu ditetapkan di muka, dan transaksi dilakukan terlepas dari berapapun nilai tukar saat ini (spot rate) pada tanggal penyelesaian/jatuh tempo (value date). 

Transaksi Swap
Swap merupakan jenis yang kompleks dari transaksi pertukaran mata uang asing, yakni transaksi jual beli mata uang asing oleh dua pihak dengan kewajiban kembali membuat jual beli pada periode waktu tertentu. Transaksi swap selalu terdiri dari dua transaksi dengan nilai valuta tanggal yang berbeda-beda. 

Transaksi opsi
Opsi adalah kontrak dimana pembeli memperoleh hak, tetapi bukan kewajiban untuk membeli (call option) atau menjual (put option) sejumlah jumlah mata uang tertentu di masa mendatang pada harga yang ditetapkan (strike price). Untuk menerima hak semacam ini pembeli harus membayar premi ke penjual, yang merupakan harga opsi. 

Future transaction (Transaksi Future atau Kontrak Berjangka)
Transaksi future pada kenyataannya merupakan transaksi forward, dimana para pihak menyepakati transaksi jual beli pada suatu tanggal di masa akan datang, dengan menetapkan harga tertentu di hari itu juga. Perbedaannya adalah, futures tidak diperdagangkan di pasar OTC (Over The Counter) tetapi di bursa negara-negara tertentu (yang terhubung ke negara dan diatur oleh hukum dari negara tersebut). Bursa pasar menentukan persyaratan transaksi future, standarisasi, dan mendukung sirkulasi berkelanjutan mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung :D
Sukses selalu dan Salam Hormat :)
*)

Pasangan Mata Uang Utama

Pasangan Mata Uang Utama

IkLaN